Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peritel di Indonesia Masih Kurang?

Kompas.com - 24/03/2011, 09:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perkembangan industri ritel di Indonesia dinilai semakin pesat, tapi dari segi jumlah ternyata peritel masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Benjamin J Mailool Benjamin, Rabu (23/3/2011), saat ini 50 peritel harus melayani satu juta penduduk Indonesia, baik itu minimarket hingga hypermarket. "Itu (Indonesia) paling rendah di kawasan Asia Pasifik. Paling tinggi di Taiwan, sejuta (orang) bisa dilayani 400 retailer. Idealnya berapa? Bisa dibandingkan dengan Bangkok sama Malaysia yang sudah 150 retail," jelasnya.

Menurutnya, pertumbuhan ritel akan bertambah pesat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. "Menurut saya tidak bisa dihindari akan menuju 150 ritel per satu juta penduduk. Saya lihat pertumbuhan per tahun ada 20 persen," jelasnya.  

Mengenai kepadatan jumlah peritel di Pulau Jawa, diyakini Benjamin akan terseleksi oleh alam. Karena kalau telah terlalu padat, para peritel pun akan saling berebut konsumen hingga bahkan tidak bisa menjual produknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com